Minggu, 26 September 2010

PEMIMPIN YANG BAIK HARUS TEGAS,RENDAH HATI,TIDAK SOMBONG & MEMILIKI RASA KEPEKAAN


BILD SURABAYA-Pada hari Kamis, 23 September 2010 pukul 08:14:45 wib
Badan Pendidikan & Pelatihan (BADIKLAT) Propinsi JATIM mengadakan Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XXII Premerinta Propinsi (PEMPROP) JATIM Tahun 2010 di kampus BADIKLAT Propinsi JATIM

Kita harus mengetahui bagaimana pertumbuhan ekonomi rakyat saat ini apakah ada peningkatan
Pertumbuhan perekonomian di Jatim 2010 mencapai 6,3 persen, sedangkan untuk tahun depan diharapkan dapat meningkat 6,5 persen. Dengan memberikan bantuan kepada desa-desa yang tertinggal akan dapat membantu menurunkan angka kemiskinan daerah.

Pemimpin juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat miskin dapat bekerja dan mendapatkan upah yang sesuai. “Bagaimana upaya kita untuk membuka lapangan kerja, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran,”

Pemimpin yang baik harus tegas,rendah hati,itidak sombong & mempunyai rasa kepekaan pada situasi di sekeliling masyarakat, diantaranya harus peka terhadap kondisi perekonomian rakyat. Untuk itu pemerintah harus pro terhadap orang yang miskin.

Deputi Bidang Diklat Spimnas Lembaga Administrasi Negara, Dr Sudirman MPN, bahwa ada beberapa langkah yang dilakukan agar pembangunan berhasil dan sukses. Diantaranya, diperlukan adanya dukungan yang kuat dari masyarakat dan lingkungan yang kondusif.

Untuk mencapai pembangunan yang sesuai dengan yang ditargetkan, seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan segala perubahan yang mempunyai integritas yang tinggi. Diantaranya, mampu sebagai pendengar yang baik, mampu mengamati lingkungan sekitar, mengenal secara mendalam, mengkristalisasikan misi dan keinginan komitmen yang tinggi, membangun yang modern untuk menggali masa depan, dan mampu bekerja untuk membangun organisasi serta menciptakan kondisi yang lebih baik.

Kepala Bandiklat Prop Jatim, Drs Saiful Rahman M MPd menambahkan, diklat akan berlangsung selama kurang lebih 11 minggu dan diikuti 200 peserta berasal dari kab/kota dan provinsi lain. Sasaran, terwujudnya PNS yang berkompeten sesuai jenjang pendidikannya.

Para peserta wajib mentaati peraturan dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik, sehingga selepas dari diklat ada perubahan yang lebih baik agar bisa menjadi seorang pemimpin birokrasi yang berkompeten. (Ronny &Tia)

Selasa, 21 September 2010

Taxi Jerman Terbaik



Ronny Husono Lie mengatakan di Facebook: Taxi Jerman tidak ada tadinganya/kaga ada matinya. Emang Taxi di jerman bersaing ketat dan armadanya lux/mewah. Armada Taxi di jerman kebanyakan dari mercedes c dan e class dan juga mercedes s class, bmw seri 7,audi a6,CRV,dll. Maka kebanyakan orang dari negara lain melihat Taxi di Jerman orang tersebut hanya bisa bengong saja.

Senin, 20 September 2010

SEBANYAK 350 SENIMAN DAN BUDAYAWAN JATIM MENERIMA TALIASIH DARI GUBERNUR JATIM


BILD SURABAYA-Pada Kamis, 2 September 2010 Pukul 09:58:20 WIB Sebanyak 350 seniman dan budayawan Provinsi Jawa Timur menerima taliasih dan bingkisan dari Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo.di Kantor Dinas Kebudayaan dan Parwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim.

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo mengatakan jumlah pemberian tali asih kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya memberikan pada 300 seniman. “Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun, sebagai tanda terima kasih pemerintah pada para pelaku seni, yang konsisten menjaga nilai dan tradisi budaya Jawa Timur”..

Seni dan budaya tidak boleh ditinggalkan atau dikesampingkan dalam pembangunan negara. “Beberapa negara maju di kawasan Asia seperti Jepang, Cina, dan Korea terbukti mampu mensejajarkan seni dan budaya dengan ekonomi pembangunan, itu wajib kita contoh,”.

Karena Pemerintah Provinsi sangat mendukung program Disbudpar Jatim, dan Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) yang ingin memberikan subsidi pada kelompok seni pertujukan seperti ludruk, wayang orang, dan ketoprak agar dapat berkembang dan bertahan melestarikan kesenian asli Jatim. “Kami sangat mendukung program tersebut, agar semua berjalan lancar saya minta semua pendataan dikordinasikan antara Disbudpar dan DKJT,”

Sejak tahun lalu, Pemprov telah mengeluarkan kebijakan pemberian kartu Jaminan Kesehatan untuk seniman di seluruh Jawa Timur. Hingga kini pendataan terus dilakukan oleh DKJT. Jaminan ini diharapkan para seniman dapat lebih tenang dan lebih banyak berkarya.

“Sebenarnya tidak ada yang istimewa, seluruh masyarakat bisa memiliki kartu jaminan kesehatan seperti Jamkesmas. Sebagai bagian dari masyarakat maka seniman juga bisa memiliki, tetapi mungkin namanya saja yang berbeda,’’

Jaminan kesehatan ini dapat sedikit membantu para seniman baik yang masih eksis atau yang sudah jarang manggung. “Kita semua wajib memperhatikan keberadaan seniman, salah satunya adalah seniman Ludruk Irama Budaya Wonokromo, kebudayaan ini harus terus dilestarikan,”

Ketua DKJT, M Fauzi mengatakan hingga saat ini jumlah seniman yang mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan sekitar 750 orang mereka tersebar di beberapa wilayah seperti Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Malang. “Yang diutamakan adalah seniman yang sudah lanjut usia dan yang mengalami gangguan kesehatan,”

Untuk pendataan tahun ini, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan daerah untuk melakukan pendataan jumlah seniman senior dan junior yang belum mendapatkan. Pendataan ditarget selesai akhir tahun, sehingga pada 2011 para seniman yang berhak mendapatkan, sudah bisa menggunakan kartu ini.

Taufik. mengatakan “Kami targetkan untuk awal sebanyak 2.000 seniman, itu akan terus kita tambah sampai seluruh seniman di Jatim memilki kartu jaminan kesehatan,”

Untuk tahap awal, DKJT akan mendata para seniman yang lanjut usia atau yang mempunyai masalah kesehatan. “Setelah semua mendapatkan, baru giliran seniman muda. Seniman yang dianggap memerlukan akan didahulukan, setelah itu baru lainnya,” (Ronny & Tia)

RASIO BEBAS DN ARI HUKUMAN & PEMERIKSAAN


Ronny Husono Lie MENGATAKAN DI FACEBOOK: MANTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN PROPINSI JATIIM BPK RASIO TIDAK MELAPORKAN PENGGUNAAN DANA BOS /ANGGARAN SEBESAR Rp. 8.189.800.000,00. YANG ANEH LAGI PAK RASIO TIDAK PERNAH DIPERIKSA MALAH SEKARANG DI ANGKAT MENJADI SEKETARIS DAERAH PROPINSI (SEKDA PROP)

Taxi Metro Terjun Bebas


Ronny Husono Lie mengatakan di Facebook: Pada Tanggal 30 Maret 2007 pukul 13:15 WIB Metro Taxi di Jakarta dengan no lambung JC655 terjun bebas

HALAL BI HALAL BANDIKLAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010


BILD SURABAYA-Pada hari Rabu, 15 September 2010 pukul 08:14:45 wib Dalam rangka merayakan Idul Fitri 1431 H sekaligus mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Badan Diklat Provinsi Jawa Timur bertempat di Lapangan Tenis Kampus Badan Diklat, diselenggarakan acara Halal Bi Halal yang dihadiri oleh pejabat struktural, fungsional dan staf, mantan pejabat dan staf, serta anggota Dharma Wanita.

Acara yang dikemas sederhana ini berlangsung cukup meriah karena banyaknya partisipasi undangan, yakni sekitar 200 orang, antara lain dihadiri oleh mantan

Kepala Diklat Bapak Hardito, Bapak Mashoed, Bapak Sudjono dan Bapak Harun, selain itu juga para pejabat/staf yang sudah purna tugas maupun yang pindah tugas turut memenuhi undangan.

Acara berlangsung pukul 08.00 s/d 10.00, dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan mantan Kepala Diklat yang diwakili oleh Bapak Mashoed, kemudian sambutan oleh Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Bapak Saiful Rachman. Acara ditutup dengan bersalam-salaman dan ramah tamah.

SEGENAP KELUARGA BESAR BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA TIMUR MENGUCAPAKAN SELAMAT IDUL FITRI 1431 HIJRIAH MINAL AIDZIN WAL FAIZIN , MOHON MA’AF LAHIR BATIHIN. (ADI KAMAL DIKLAT)

PESAWAT KARGO LUFTHANSA JATUH


Sebuah pesawat kargo Lufthansa terlihat ringsek setelah jatuh di Bandar Udara Internasional Raja Khalid di Riyadh

BILD RIYADH -Pada Hari Rabu, 28 July 2010 Pukul 10:39 WIB -Pesawat kargo milik maskapai penerbangan Lufthansa jatuh saat mendarat di Bandara Riyadh, Arab Saudi, Selasa waktu setempat. Dua pilot maskapai penerbangan Jerman itu selamat dalam kecelakaan dengan luka ringan.

“Kapten pilot dan co-pilot dalam keadaan yang baik. Mereka hanya mengalami luka ringan,” kata Khalid al-Khaibri, juru bicara otoritas penerbangan sipil Arab Saudi, seperti dilansir AFP, Selasa (27/7).

Khaibri mengatakan, sebelum terjatuh di bandara internasional Raja Khaled, Riyadh, pilot Lufthansa MD-11 yang berangkat dari Frankfurt melaporkan adanya api dalam kargo kepada petugas bandara. Saat itu juga petugas bandara menyiagakan tim penyelamat dan pemadam.


“Kapten menginformasikan ke menara bahwa ada api di belakang pesawat,” tambahnya.
Pesawat terbelah dua saat mendarat pada siang hari waktu Riyadh atau sekitar 16.00 WIB, terbakar dan segera dipadamkan.

Petugas Bandara Riyadh Fahd al-Hamoud menyatakan pesawat terbakar saat mendarat dan jatuh. Pesawat itu diketahui terbelah menjadi dua saat terjatuh. Keterangan berbeda justru dilontarkan juru bicara Deutsche Lufthansa AG mengatakan jika pesawat naas itu tidak jatuh melainkan hanya terlibat kecelakaan ringan. (TIM)

PESERTA DIKLAT DIHARAP BISA SERAP MATERI PELAJARAN


BILD SURABAYA-Pada Hari Senin, 20 September 2010 Pukul 09:00:17 WIB Peserta Pendidikan dan dan Pelattihan (Diklat) golongan III diharapkan bisa menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh pengajar/widyaiswara dan mentaati semua peratuan yang belaku dalam kediklatan. Kemudian para peserta bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, tertib, jaga kesehatan serta jalin kebersamaan, menjaga kekompakan sesama peserta Diklat.

Kepala Badan Diklat Jawa Timur Drs Saiful Rachman MM Mpd saat membuka Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan 308, 309 dan 310 di Badiklat Jatim, Senin (20/9) mengatakan, peserta diklat sebanyak 300 orang juga diharapkan menyiapkan diri baik fisik maupun mental dan secara tertib selalu mengikuti setiap tahapan kegiatan yang dilakukan panitia. Kemudian jaga kesehatan dan semangat mulai awal hingga akhir diklat.

Para peserta mulai hari ini telah mengikuti suatu tahapan yang mutlak dilalui CPNS, karena jika para CPNS tidak mengikuti Diklat tidak mungkin akan diangkat menjadi PNS.

Ia menjelaskan, Diklat untuk membentuk pola pikir, pola sikap dan pola perilaku yang baik sekaligus sebagai membuka wawasan mendasar tentang posisi, peran dan tugas PNS dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembangunan. Lebih luas lagi seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Diklat prajabatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada CPNS untuk membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS..

Di samping itu juga dilakukan pendidikan tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara serta bidang tugas dan organisasi agar mempu melaksanakan tugas dalam perannya sebagai pelayan masyarakat.

Di era pelayanan publik seperti saat ini peran utama pemerintah sebagai pelayanan masyarakat. Secara mendasar ada tiga jenis pelayanaan dasar yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Yakni pelayanan yang bersifat administratif seperti pelayanan surat menyurat kewarganegaraan/kependudukan, perijinan, status kepemilikan dan sejenisnya.

Kemudian pelayanan jasa adalah pelayanan pendidikan, kesehatan dan transportasi yang baik. Selanjutnya pelayanan barang seperti pembangunan infrastruktur, penyediaan air bersih, listrik dan penyediaan alat komunikasi.

Dari ketiga jenis pelayanan tersebut maka setiap PNS mempunyai peran masing-masing yang sesuai dengan bidang tugasnya. Khususnya pelayanan di bidang administrasi kepada masyarakat yang berhadapan langsung dengan masyarakat dituntut bekerja secara tertib, cekatan, ramah dan informatif.

Bagi yang bertugas pada pelayanan jasa pendidikan dan kesehatan seperti guru dan tanaga medis serta para medis dituntut bekerja dengan berorientasi kepada kualitas lebih-lebih bidang pendidikan dan kesehatan merupakan program agenda prioritas pembangunan di Jawa Timur. Kemudian tugas-tugas lain baik langsung dan tidak langsung kepada masyaraakat semuanyaa mempunyai kontribusi terhadap pelayanan publik.

Dalam kaitan tersebut PNS diharapkan tetap belajar dan menambah wawasan agar bisa mampu mengimbangi dinamika lingkungan yang terus berkembang secara konpetitif. Di antaranya memiliki kepedulian terhadap bidang tugas dan profesi yang digelutinya. Tidak sekedar bekerja atau menjalankan tugas rutin tetapi mempunyai kepedulian dan memiliki motifasi untuk bekerja lebih baik, kreatif, inovatif dan tidak cepat puas dengan apa yang telah diraihnya. Kemudian bisa memahami fisi misi lembaga mengoptimalkan peran kontribusi terhadap organisasi dengan terus belajar dan menambah wawasan.Tidak cukup menguasai satu bidang keahlian saja namun diperlukan menambah keahlian lainnya sebagai nilai tambah khusunya keahlian teknologi informasi.

Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan Badan Diklat Jatim Drs Totok Hadi Pranoto menambahkan, tujuan diklat ini untuk meningkatkan keahlian dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS yang sesuai dengan kebutuhan istansinya masing-masing.

Sasaran diklat ini juga untuk terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi PNS golongan dua.

Diklat ini berlangsung 21 hari diikuti 300 orang CPNS, terdiri dari laki-laki 134 orang dan perempuan 166 orang dari jumlah tersebut 23 orang adalah seorang dokter. Peserta diklat berasal dari Kabupaten Sumenep 39 orang, Magetan 50 orang, Ngawi 50 orang, Situbondo 50 orang, Kediri 46 orang, Bojonegoro 2 orang, Lamongan 4 orang, Banyuwangi 2 orang, Kota Probolinggo 2 orang dan BPTP Surabaya 3 orang. Berdasarkan pangkat IIIa sebanyak 277 orang dan IIIb 23 orang dengan pendidikan S1 sebanyak 299 orang dan S 2 satu orang. (ADI KAMAL DIKLAT)

KEPALA DISHUB & LLAJ PROPINSI JATIM PENGECUT & TIDAK BERTANGGUNG JAWAB SERTA SELALU MELEMPAR TANGGUNG JAWAB


BILD SURABAYA-Pada Hari Jumat, 17 September 2010 Pukul 14:45:47 WIB Wartawan BILD Surabaya membaa pers lilies Dinas Perhubngan & LLAJ (DISHUB & LLAJ) Propinsi JATIM yang bertema “LIMA PULUH PERSEN KECELAKAAN BUS DISEBABKAN SUMBER KENCONO”
dan isi beritanya:

Sebanyak 50 persen kecelakaan bus di Jatim ternyata terbanyak melibatkan bus PO Sumber Kencono. Kecelakaan itu karena berbagai faktor, di antaranya sumber daya manusia (SDM), kelaikan bus, infrastruktur, dan lingkungan.

Kepala DISHUB dan LLAJ Propinsi JATIM Bpk Wahid Wahyudi usai mengikuti Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2010 di Lapangan Prapat Kurung-Perak Surabaya mengatakan, sebelum dikenakan sanksi tegas, perlu adanya audit yang nantinya akan melihat kasus per kasus penyebab terjadinya kecelakaan oleh PO Sumber Kencono. "Dari 60 bus yang terlibat dalam kecelakaan di Jatim selama musim angkutan lebaran tahun ini, sekitar 50 persennya berasal dari bus Sumber Kencono," katanya.

Pihaknya bersama Polda Jatim telah membentuk tim audit. Tim ini akan mengaudit PO yang mengalami kecelakaan pada masa angkutan lebaran ini. Hasil audit tersebut akan menentukan langkah-langkah yang dilakukan untuk perusahaan itu.

Proses audit perlu dilihat dari seluruh aspek, yakni dari segi kelayakan bus, tekanan psikologis para pengemudi dari perusahaan (dikejar target setoran), segi kesehatan dan jam kerja dari kru bus tersebut. Nantinya, dari hasil audit akan dilaporkan kepada Dirjen

Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang memiliki wewenang untuk memberikan sanksi terhadap Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP). Sementara itu, PO yang bermasalah masih bisa beroperasi selama proses audit dilakukan.

Untuk sementara, PO Sumber Kencono masih diperbolehkan beroperasi sambil menunggu proses audit dari Polda Jatim. Mengingat, jika dilakukan penindakan tegas berupa pencabutan izin trayek PO Sumber Kencono maka akan menganggu proses pelayanan penumpang.

Wahid mengutip data kecelakaan dari Polda Jatim, yakni kecelakaan selama arus mudik dan balik di Jatim hingga H+6 lebaran atau Kamis (16/9), jumlah kecelakaan mencapai 290 kejadian.

Total kecelakaan selama Operasi Ketupat Semeru 2010 hingga Kamis pukul 05.30, mencapai 290 kasus dan mengakibatkan 66 orang meninggal dunia, 26 orang luka berat dan 128 orang luka ringan. Selain itu, pelanggaran lalu lintas terjadi sebanyak 6.203 kasus. Dari pelanggaran itu, 5.900 dikenakan tilang dan 303 mendapatkan teguran. Hingga hari ini, total kerugian material sekitar Rp 418.485.000

Menurut Wartawan BILD Surabaya Sdr Ronny Kepala DISHUB dan LLAJ Propinsi JATIM Bpk Wahid Wahyudi PENGECUT & TIDAK BERTANGGUNG JAWAB SERTA SELALU MELEMPAR TANGGUNG JAWAB yaitu kepada PO Sumber Kencono & Peranrusahaan Trasportasi lainnya( (PO,TAXI,Maskapai Penerbangan,Kapal Laut,Ferry Penyeberangan,PT KAI,Dll)

Mestinya Kementerian Perhubungan (KEMENHUB),DISHUB dan DLLAJ Propinsi maupun kota/kabupaten harus selalu menggonterol/mengeek ulang setiap 6 bulan sekali/dalam waktu di kir serta melarang beroperasi untuk armada tua/tidak layak jalan/beroperasi. Tapi kenyataannya di dalam kantor KIR petugas suka meminta uang dan menerima upeti dari pemilik transportasi demi perut meraka sendiri tanpa memikirkan calon penumpangnya,sebaliknya pemilik transportasi memberi upeti kepada petugas dan pwejabat KIR supaya armadanya dapat beroperasi walaupun armadanya sudah tidaklayak jalan. Seperti Bis kota surabaya,Bis Mitro mini DKI,Bis Kota di DKI,TAXI Zebra Surabaya,TAXI Srikandi Surabaya,Ferry Penyeberangan Madura,Pesawat terbang trype Cassa & Darf milik beberapa maskapai penerbangan.(Bersambung/Ronny)

Selasa, 14 September 2010

500 SUPIR TAXI BLUE BIRD BUKA PUASA BERSAMA DENGAN WAKIL GEBNUR JATI & ANAK YATI PIATU


BILD SURABAYA-Pada Hari Jumat 3 Septeber 2010Perusahaan Taxi Blue Bird cabang surabaya mengadakan buka pusa bersama dengan Wakil Gebenur JATIM,anak yatim,Karyawan & Supir Taxi Blue bird di Pul 1 Jl raya Darmo Kali surabaya.

Supir taxi yang mengikuti acara buka bersaa sekitar 500 orang. Tujuan diadakan buka puasa ini untuk mprsatukan para supir dan pejabat maupun staff lainnya demi kemakmuran para karyawan Taxi Blue Bird. Perusahaan Taxi Blue Bird rutin mengadakan buka puasa bersama di bulan Ramadhan

Perusahaan Taxi Blue Bird selalu meberikan fasilitas & tunjangan serta hadia bagi supir yang aktif dan profeional,karena Perusahaan Taxi Blue Bird mengutaakan kesejahtera para supir dan kepuaan para penumpang (Ronny)

Antar Nasabahnya Rayakan Lebaran, Bank BRI Adakan Lagi Mudik Bersama Kupedes Simpedes BRI

BILD JAKARTA – Pada Hari Minggu, 05 September 2010 Untuk ke-7 kalinya sejak tahun 2004 Bank BRI mengadakan acara mudik bersama yang dinamakan Mudik Bersama Kupedes dan Simpedes BRI 2010. Peserta mudik dilepas oleh Menteri Perhubungan RI, Freddy Numberi didampingi oleh Direksi dan Komisaris BRI, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono di Parkir Timur Senayan

Menurut Dirut Bank BRI, Sofyan Basir ” Tradisi mudik di hari lebaran adalah tradisi khas Indonesia. Walaupun perlu pengorbanan, tradisi mudik senantiasa diulangi setiap tahun. Tiada kata kapok untuk bermudik karena mudik merupakan refleksi akan kerinduan suasana kampung halaman dan kerinduan akan berkumpulnya keluarga besar di satu moment besar bagi umat Islam yaitu lebaran”

Mengingat jumlah pemudik yang tak sebanding dengan jumlah armada transportasi yang tersedia, maka setiap tahun terjadi kekurangan armada angkutan pemudik. Oleh karenanya pemerintah telah menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk mengadakan acara mudik bersama.

” Sebagai upaya respons terhadap himbauan pemerintah sekaligus untuk memfasilitasi keinginan nasabah-nasabah Simpedes dan Kupedes BRI yang berkeinginan untuk berlebaran di kampung halaman maka kami mengadakan acara mudik yang kami namakan Mudik Bersama Kupedes dan Simpedes BRI tahun 2010” tambah Sofyan.

Ditambahkan Sofyan, Program mudik ini merupakan bagian dari rangkaian program Layanan Lebaran Bank BRI 2010 yang diselenggarakan Bank BRI setiap tahun dalam rangka memberikan layanan kepada nasabah dan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Lebaran.

Program Mudik Bersama Kupedes Simpedes BRI Tahun 2010 ini merupakan salah satu kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan Bank BRI kepada masyarakat, khususnya untuk para nasabah Bank BRI, yaitu dengan memberikan bantuan transportasi kepada para nasabah Bank BRI yang akan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing.

Pada Lebaran tahun 2010 ini, Bank BRI memberangkatkan 2828 orang nasabah Bank BRI termasuk keluarganya yang berasal dari nasabah Kanca di Jabodetabek dan Kanca Bank BRI Pamanukan dengan menggunakan fasilitas armada bus AC Blue Star sebanyak 48 buah. Kepada para peserta mudik juga diberikan fasilitas asuransi kecelakaan diri yang dijamin oleh Bringin Life.

Rincian dan tujuan mudik sebagai berikut :
•Sebanyak 2593 peserta (44 bus) dari wilayah Jakarta akan dilepas di Halaman Parkir Timur Senayan – Jakarta.
•Sebanyak 59 peserta (1 bus) dari Kanca BRI Cikampek
•Sebanyak 118 peserta (2 bus) dari Kanca BRI Karawang
•Sebanyak 58 peserta (1 bus) dari Kanca BRI Pamanukan akan dilepas di halaman Kanca
BRI Pamanukan
Adapun kota tujuan mudik sebagian besar adalah kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan rute sbb :
•Pemberangkatan dari Jakarta tujuan Jawa Timur (10 bus) :
Rute 1 : Jakarta – Solo – Sragen – Ngawi – Madiun – Caruban – Nganjuk – Kertosono – Jombang – Mojokerto – Surabaya – Malang.
•Pemberangkatan dari Jakarta tujuan Jawa Tengah/Yogyakarta (34 bus) :
Rute 2 : Jakarta – Pantura Jateng – Semarang – Demak – Kudus – Pati (5 bus).
Rute 3 : Jakarta – Semarang – Ungaran – Salatiga – Boyolali – Solo (12 bus)
Rute 4 : Jakarta – Banjar – Majenang – Buntu – Gombong – Kebumen – Kutoarjo – Purworejo – Wates – Yogyakarta (6 bus)
Rute 5 : Jakarta – Brebes – Bumiayu – Ajibarang – Purwokerto – Purbalingga – Banjarnegara – Wonosobo – Temanggung – Magelang – Yogyakarta (11 bus)
•Pemberangkatan dari Kanca Cikampek (1 bus) dan Karawang (2 bus), dengan jalur :
Jakarta – Semarang – Ungaran – Salatiga – Boyolali – Solo
•Pemberangkatan dari Kanca Pamanukan (1 bus), dengan jalur :
Pamanukan – Brebes – Bumiayu – Ajibarang – Wangon – Yogyakarta – Solo

Program Mudik Bersama Kupedes-Simpedes BRI akan terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya sebagai bentuk kepedulian Bank BRI kepada para nasabahnya (JOIS BRI)

Siap Layani Nasabah Selama Lebaran, Bank BRI Siagakan 37 Posko Layanan Lebaran

BILD JAKARTA –Pada Ha ri Jum’at 03 September 2010 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiagakan sebanyak 37 Posko Layanan Lebaran selama Lebaran 2010. “Posko Bank BRI ini dapat ditemukan nasabah di lokasi-lokasi strategis seperti stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan jalur mudik,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank BRI Muhamad Ali di Jakarta.

Dikatakan Ali, Posko Bank BRI ini diharapkan dapat memberi kemudahan kepada nasabah dalam melakukan transaksi meski di tengah kesibukan menyabut hari raya Idu Fitri. ”Kalau hari raya kan nasabah sibuk. Di tengah kesibukan itu, misalnya di perjalanan, mereka membutuhkan layanan, nah Bank BRI ada di sana,” imbuh Ali.

Dia mengatakan, untuk mengenali Posko Bank BRI, tidaklah sulit bagi nasabah yakni terdiri dari unit kerja dan luar unit kerja (tenda). “Pelaksanaan layanan ini efektif 4 hingga 19 September 2010, kecuali tanggal 10 hingga 12 Sept 2010,” ucap Ali.

Pada hari libur, cuti bersama, lebaran tanggal 9 dan 13 September 2010, Bank BRI menerapkan operasi layanan terbatas yakni pada jam kerja Pukul 07.30 hingga 15.30 dan jam kas pukul 08.00 hingga 14.30. Ali membeberkan, sebagai bentuk loyalitas layanan kepada nasabah, Bank BRI juga menyediakan minuman (teh/kopi/air mineral) bagi nasabah/masyarakat yang berkunjung ke Posko Bank BRI

Posko Bank BRI ini tersebar di Bandung (3 unit), Denpasar (1 unit), Jakarta dan sekitarnya (10 unit), Makassar (1 unit), Maros (1 unit), Malang (3 unit), Manado (1 unit), Medan (1 unit), Malang (1 unit), Palembang (1 unit), Semarang (5 unit), dan Yogyakarta (7 unit).

Bank BRI juga tetap menyiagakan layanan khusus seperti Pertamina, ASDP, SSB, SSB,SIM, STNK, dan BPKB. “Layanan khusus adalah uker (unit kerja) yang buka (operasional) khusus untuk melayani transaksi Pertamina/ASDP/SSB dengan jam layanan sesuai kesepakatan dengan Pertamina/ASDP/Kepolisian, serta petugas ATM 24 jam,” ungkap Ali.
Kegiatan CSR

Selama bulan Ramadhan Bank BRI menggelar aktifitas corporate social responsibilty (CSR) dengan berbuka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebanyak 3.400 orang yang dihadiri Presiden RI beserta Hj. Ani Bambang Yudhoyono bersama para Menteri sebagai tamu undangan dan mengundang grup musik Wali sebagai bintang tamu. “Acara dilaksanakan pada 31 Agustus 2010 di Assembly Hall, JCC Senayan Jakarta,” ujar Ali.

Bank BRI juga menggelar Pasar Murah BUMN – Bank BRI Peduli yang dimulai dari 30 Agustus 2010 hingga 6 September 2010. Bank BRI menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, dan bahan sembako lainnya. Acara dilaksanakan di lima titik yang dekat dengan pemukiman warga dengan lokasi yakni Kalianyar, Tambora, Galur, Senen, Cawang, Permata Hijau, dan Manggarai.

“Sedangkan untuk acara Mudik Bersama Bank BRI akan dilaksanakan pada 5 September 2010 di Parkir Timur Senayan dengan peserta 2.828 orang dengan lima rute yang diawali dari Jakarta menuju kota-kota dengan arus mudik terbanyak,” tegas Ali.

Selama Lebaran tahun ini dana tunai hari raya Bank BRI mengalami kenaikkan. “Naik sebesar 12,71% menjadi sebesar Rp13,67 triliun. Kenaikan dana tunai di ATM sebesar Rp.8 triliun meningkat sebesar 20,48% dibandingkan dengan tahun lalu,” tutup Ali. (JOIS BRI)

Dihadiri Presiden RI dan Para Menteri, Bank BRI Berbagi Bahagia Bersama 3.400 Anak Yatim Piatu & Dhuafa

BILD JAKARTA-Pada Hari Selasa 31 Agustus 2010 di Jakarta Convention Centre, menjadi hari yang tiada terlupakan bagi 3.400 anak yatim/piatu dan dhuafa dari sekitar Jabodetabek. Pada hari itu mereka menikmati kebahagian bersama Bank BRI yang menggelar acara Berbuka Bersama Anak Yatim/Piatu dan dhuafa. Sebahagian besar anak-anak tersebut berasal dari Jabodetabek.

Acara berbuka puasa ini dimeriahkan oleh Grup Musik Anak Jalanan Himmmata, dan grup band Wali yang membawakan lagu-lagu religi. Sedangkan tauziah disampaikan oleh Ust. Quraish Shihab. Yang sangat membanggakan pada acara tersebut adalah kehadiran Presiden bersama Ibu Ani Yudhoyono serta sejumlah Menko dan Menteri.

“Acara ini merupakan wujud kepedulian Bank BRI kepada lingkungannnya dan merupakan rangkaian aktrivitas CSR Bank BRI di bulan ramadhan 1431 H” ujar Sofyan Basir, Direktur Utama BRI di sela-sela kegiatan tersebut. Menurutnya aktivitas lain Bank BRI Peduli di bulan ramadhan ini adalah takjil on the road, pasar murah bekerjasama dengan BUMN Peduli di Kalianyar Tambora, Bidara Cina, Galur dan Cawang. Selain itu ada pembukaan 37 Posko Mudik Lebaran dan kegiatan Mudik Bersama yang akan mengangkut 3.000 nasabah Simpedes dan Kupedes dari sekitar Jabodetabek ke berbagai tujuan mudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selanjutnya Sofyan menambahkan, “pada acara ini Bank BRI juga memberikan bantuan mobil operasional dan pelatihan untuk trainers Yayasan Lentera Hati yang bergerak di bidang pendidikan dan bantuan kepada 118 relawan guru dari wilayah jabodetabek antara lain guru dari sekolah baca tulis gratis Pekayon Bekasi, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Wahyu Aji Tanjung Priok, PKBM Cahaya Bangsa Sunter, PKBM Akur Kurnia Kramat Jati, PKBM Mutiara Hati Penjaringan, PKBM Himmata Rawa Badak Selatan dan PKBM Al Mutaqin Tugu Jakarta Utara”. Selain itu ada yang cukup unik pada event ini adalah kehadiran para pemandi jenazah yang akan menerima bantuan dari Bank BRI Peduli. Mereka berasal dari Rumah Sakit Pasar Rebo, RS PMI Bogor, RS POLRI, RSUD Kota, RSau Halim, RSUD Bekasi, RSUD Budhi Asih, RSCM, RSAL Mintoharjo, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Cengkareng dan RSUD Tangerang.

Selama ini BRI telah melakukan Kegiatan Bank BRI Peduli dengan memanfaatkan dana Bina Lingkungan Bank BRI. Per Juni 2010 telah diberikan bantuan total RP.24,529 milyar dengan rincian bantuan bidang pendidikan/pelatihan sebesar Rp.20,449 milyar, bantuan sarana umum sebesar Rp.1,863 milyar, bantuan peningkatan kesehatan sebesar Rp.1,044 milyar, bantuan korban bencana Rp.998 juta, bantuan sarana ibadah Rp.269 juta dan sisanya bantuan lain-lain seperti bencana alam. Tahun 2009 lalu Bank BRI telah menggulirkan dana Bina Lingkungan sebesar Rp.38,9 milyar.

Untuk mendukung program BRI Peduli, para pekerja BRI pun berinisiatif mendirikan Lembaga Amil Zakat pada tahun 2002 dengan nama Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) yang menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shadaqah Pekerja BRI. Sampai tahun ke 8 ini telah terhimpun dana sebesar Rp.38,31 Milyar dan telah disalurkan sebesar Rp.32,80 Milyar dengan jumlah mustahiq yang dibantu 146.000 mustahiq. Dana ZIS YBM BRI disalurkan dalam bentuk bantuan pada pendidikan, usaha kecil, bantuan kesehatan, bantuan hidup, pemberantasan Buta Al-Quran, sarana Pendidikan dan Ibadah dan bantuan bencana.

“Sinergi aktivitas Bank BRI Peduli dengan kegiatan YBM BRI ini merupakan komitmen dan keberpihakan BRI untuk terus membantu meningkatkan kualitas manusia dan lingkungan masyarakat Indonesia” ujar Sofyan mengakhiri sambutannya. (JOIS BRI)

Bulan Ramadhan, Nasabah Gandrungi Internet Banking


BILD Jakarta – Pada Hari Rabu,18 Agustus 2010 Adanya waktu-waktu sahur dan waktu lainnya yang relative luang ternyata banyak dimanfaatkan oleh nasabah-nasabahj perbankan untuk bertransaksi di dunia maya. Hal ini terbukti, salah satunya dari banyaknya nasabah BRI yang mengakses ienternet banking yang menunjukkan trend meningkat selama bulan ramadhan.

“Pola transaksi di BRI semakin beragam, diantaranya tren transaksi via internet banking kian meningkat selama bulan ramadhan,” kata Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI di Jakarta, Rabu (18/8). Hal ini menandakan nasabah semakin percaya dengan internet banking BRI walaupun usianya baru seumur jagung.

Dikatakan Ali, kinerja internet banking BRI saat ini terus meningkat meski baru diluncurkan 16 Desember 2009. “Internet Banking BRI ini sangat ditunggu-tunggu oleh nasabah hal ini terlihat dari jumlah transaksi yang cukup tinggi yaitu lebih dari 250.000 transaksi per bulan dengan jumlah pengguna sekitar 25.000 nasabah. Artinya, rata-rata satu bulan ada 10 transaksi per nasabah sedangkan untuk transaksi ATM sekitar tiga sampai dengan empat kali transaksi,” tandas Ali.

Ditambahkan Ali, terdapat banyak keuntungan bagi nasabah BRI bertransaksi di dunia maya ini. Salah satunya transaksi nasabah langsung di proses oleh Internet Banking BRI. “Unggulan di Internet Banking BRI adalah transaksi terjadwal dimana transfer atau pembayaran akan rutin dijalankan melalui proses transaksi sesuai yg diinstruksikan oleh nasabah karena dengan sekali menjadwalkan dalam sistem Internet Banking BRI transaksi akan berjalan secara otomatis,” imbuh Ali.

Dari data yang dimiliki BRI, nasabah yg menggunakan Internet Banking BRI sebagian dimanfaatkan untuk support bisnis nasabah. Selain lebih efisien, transaksi lewat dunia maya ini dapat mengurai antrian di ATM atau teller BRI di seluruh nusantara. “Harapan kita Internet Banking BRI memang akan mengurangi transaksi di teller, ATM, apalagi seperti Lebaran, Natal, dan Akhir Tahun,” tandas Ali lagi.

Untuk itu, BRI mengimbau nasabah yang bertransaksi non tunai dan tidak ingin berjejalan di bilik-bilik ATM atau di teller agar memanfaatkan transaksi Internet Banking

BRI. “Kami menyediakan layanan Internet Banking BRI seperti cek saldo, mutasi rekening, transfer antar rekening, pembayaran tagihan (Kartu Kredit, KTA, PLN, dan TELKOM), pembelian Pulsa, dan lain – lain,” ujar Ali.

Sedangkan untuk registrasi terbagi menjadi dua level menurut jenis transaksinya. Dimana registrasi untuk transaksi non finansial dilakukan di ATM BRI dengan melakukan aktivasi ganti password dan input eMail (https://ib.bri.co.id). Sementara untuk registrasi transaksi finansial, langkah yang harus dilakukan yakni registrasi di ATM BRI, kemudian melakukan registrasi mToken di Unit Kerja Bank BRI, dan setelah menerima SMS Kode Aktivasi mToken maka langkah selanjutnya adalah aktivasi mToken melalui https://ib.bri.co.id.

Fee Based Income

Seiring dengan kian meluasnya jaringan layanan di seluruh nusantara, BRI menargetkan fee based income (pendapatan nonbunga) perseroan hingga akhir tahun mencapai Rp 2,3 triliun-Rp2,4 triliun. Hal ini sejalan dengan kesiapan BRI melakukan diversifikasi perolehan pendapatan selain dari net interest margin (JOIS BRI)

Hadapi Ramadhan dan Lebaran 2010, BRI Tingkatkan Persediaan Dana Tunai 20%


BILD Jakarta – Pada Hari Selasa 10 Agustus 2010 - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) akan meningkatkan dana tunai yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat bulan suci Ramadhan dan Lebaran. Dana tunai Ramadhan dan Lebaran tahun ini naik 20% dari tahun sebelumnya sebesar rata-rata Rp 28,3 triliun.

Bank Indonesia (BI) mencatat, menjelang puasa terdapat penarikan uang kartal sekitar Rp 18 triliun. Tercatat, bahwa kebutuhan uang kertas dan logam (uang kartal) terus meningkat. Peningkatan tersebut didukung dengan kebutuhan masyarakat menjelang
Ramadhan dan Lebaran, daya beli masyarakat yang semakin meningkat dan diperkirakan karena adanya peluncuran uang pecahan baru dengan nominal Rp.1.000,- dan Rp.10.000,- yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Perbankan mulai mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan melakukan persiapan dana tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Dana yang dibutuhkan untuk persiapan bulan Ramadhan dan Lebaran adalah rata-rata Rp 28,3 triliun. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan dana pada saat menjelang lebaran dan setelah Lebaran Bank BRI mempersiapkan sekitar Rp.13,6 triliun. Untuk tahun ini akan naik sebesar 20% dibandingkan tahun kemarin,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Jakarta,

Ali mengatakan, dana itu akan didistribusikan sesuai dengan permintaan cabang-cabang BRI di seluruh Tanah Air, baik untuk penambahan kas anjungan tunai mandiri (ATM) maupun operasional cabang. “Availability ATM perlu dijaga, terutama satu minggu menjelang hari raya Idul Fitri dan satu minggu setelah hari raya Idul Fitri,” tambah Ali.

“Untuk mendukung kesiapan perangkat dan sistem maka kami menyiagakan petugas selama libur lebaran, terutama cabang dan unit yang berada di sepanjang jalur mudik”, tambahnya. Untuk tingkat kesuksesan transaksi ATM Bank BRI siap untuk melakukan transaksi hingga 180.000 transaksi per jam. Titik-titik lokasi yang diperhatikan adalah ATM yang berada di pusat perbelanjaan, daerah wisata, bandara, terminal dan stasiun.
Persiapan Ramadhan dan Idul Fitri yang dilakukan BRI adalah mempersiapkan dana tunai dan memastikan fungsi E-channel termonitor selalu berfungsi dengan baik. “E-channel yang perlu dimonitor selain ATM adalah EDC (Electronic Data Capture) karena jumlah yang dimiliki oleh BRI semakin banyak, hingga Juni 2010 jumlahnya mencapai angka 12.000 mesin EDC.

Untuk menghadapi kebutuhan dana tunai Bank BRI berkerja sama dengan kantor Bank Indonesia. ”Pecahan uang kecil diminati menjelang lebaran, sehingga kami menyiapkan pecahan uang kecil lebih banyak dari biasanya,” tukas Ali.

Untuk semua kas cabang dan ATM BRI harus di isi dan siagakan buat kebutuhan nasabah. Dikatakan Ali, kenaikkan permintaan itu tidak lepas dari adanya kenaikan jumlah ATM dan penambahan unit kerja BRI secara signifikan di seluruh Tanah Air. “Jumlah ATM Bank BRI di seluruh Indonesia mencapai 4.986 ATM dengan dana yang dicadangkan untuk ATM adalah rata-rata Rp 8 triliun selama persiapan lebaran,” tegasnya. “Terjadi peningkatan kebutuhan dana tunai di ATM sekitar 20% dibandingkan lebaran tahun kemarin”, tambah Ali.

BRI juga mengimbau agar nasabah mengikuti tip-tip atau prosedur yang aman dalam bertransaksi yaitu:

•Tidak menggunakan perhiasan yang yang mengundang perhatian di tempat-tempat umum.
•Mengambil uang seperlunya sesuai kebutuhan, sebab BRI menyediakan ATM untuk pengambilan tunai dengan jumlah yang banyak.
•Menjaga kerahasiaan PIN ATM dan selalu merubah PIN secara berkala.
•Memeriksa kewajaran fisik ATM dengan berhati-hati terhadap peralatan tambahan.
•Memastikan bahwa tidak ada yang sedang memperhatikan pada saat pengambilan ATM dengan cara menutup tombol pada saat memasukkan PIN dengan tangan
•Untuk bantuan dan informasi perbankan dapat menghubungi Call Center BRI 14017. (JOIS BRI)

Sediakan Layanan Khusus KUR TKI, BRI Gandeng Kemenakertrans RI

BILD Jakarta – Pada Hari Senin 09 Agustus 2010 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus meningkatkan layanan jasa perbankan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Layanan tersebut yakni penyimpanan dan pengelolaan dana, remitansi TKI, penukaran uang, dan jasa perbankan lainnya. Khusus kredit, BRI akan menyediaka layanan khusus KUR TKI yang dapat dimanfaatkan oleh TKI untuk biaya administrasi dan persiapan keberangkatan TKI keluar negeri.

Pada Hari Senin 09 Agustus 2010 Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Kementerian Tenaga Kerja Indonesia dan Transmigrasi RI (Kemenakertrans) dengan BRI di Gedung Kemenakertrans RI, Ruang Tripatrid Lantai 2, Jakarta.

MoU ditandatangani oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Drs. H.A Muhaimin Iskandar, M.Si dan Direktur Utama BRI Sofyan Basir disaksikan oleh pejabat-pejabat di lingkungan kedua lembaga. Cakupan MoU tersebut yakni Penggunaan Jasa Perbankan dalam Rangka Penyelenggaraan Program Penempatan dan Perlindungan TKI.

“Pengaturan lebih lanjut meliputi hal teknis atau hal lainnya akan dibahas kembali oleh kedua belah pihak dan akan diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerjasama tersendiri,” ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir.

“Potensi pada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi cukup besar, karena Menakertrans mempunyai hubungan bilateral dengan PJTKI yang saat ini berjumlah lebih dari 500, dimana PJTKI tersebut menangani kurang lebih 6 juta TKI yang tersebar di 42 negara. Selain itu dana yang mengendap dalam lingkup Menakertrans juga cukup besar potensinya kurang lebih Rp. 40 milyar,” lanjut Sofyan.

Dikatakan Sofyan, BRI juga membuka kerjasama pemberian fasilitas BRI lainnya, diantaranya : Pemberian fasilitas BRIGuna (kredit untuk bagi pegawai berpenghasilan tetap) bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI; Fasilitas kredit Konsumer (KPR, KKB dan Kartu Kredit) kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku; Adanya fasilitas untuk rekanan dan mitra di lingkungan Kementerian Tenaga
Kerja dan Transmigrasi RI berupa fasilitas Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Bank Garansi

Bagi BRI, penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan hal yang membanggakan. Sebab TKI merupakan penghasil devisa terbesar kedua setelah sektor migas di Indonesia. Oleh karena itu, BRI sebagai Bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan terluas yaitu 6.600 unit kerja real time online dapat turut serta memberikan jasa pelayanan perbankan kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada umumnya dan Tenaga Kerja Indonesia pada khususnya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam memanfaatkan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern, dan terpercaya melalui jaringan BRI yang tersebar luas dari Sabang sampai dengan Merauke baik bagi Kemenakertrans maupun kepada TKI. (JOIS BRI)

Penarikan Grand Prize Kedua Program UUB IV Tahun 2010, Tabungan BRI BritAma Raih Berbagai Penghargaan


BILD Jakarta – Pada Hari Senin, 2 Agustus 2010 Produk Tabungan BRI BritAma semakin berkibar dan diminati oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena fitur yang relatif lengkap melekat di Tabungan BRI BritAma.

”Sebagai tabungan untuk kemudahan, Tabungan BRI BritAma menyediakan fitur dan fasilitas yang lengkap sebagaimana bank lainnya, bahkan pemilik BRI Card dapat mengakses pada seluruh jaringan ATM Bersama, Prima, Link, Cirrus, dan MEPS dengan total seluruhnya sejumlah + 20.000 unit di Indonesia” ujar Corporate Secretary Bank BRI, Muhamad Ali.

Keunggulan lain dari BRI Card, lanjut Ali, kartu ATM tersebut dapat juga dipergunakan untuk bertransaksi di ATM di luar negeri seperti di Malaysia dengan ATM berlogo BankCARD dan di manca negara dengan ATM berlogo Cirrus, Maestro dan masterCard.. ”Nasabah dapat melakukan berbagai kemudahan bertransaksi seperti : Transfer antar Bank melalui fasilitas jaringan ATM, melakukan pembelian pulsa prabayar seluler, melakukan pembayaran tagihan selular, telkom, kartu kredit, listrik, angsuran kendaraan maupun transaksi melalui SMS Banking. Kami akan selalu menciptakan fasilitas dan fitur baru untuk memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah Bank BRI mengikuti kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi ” tutur Ali.

Kepopuleran Tabungan BRI Britama mulai diakui oleh berbagi pihak. Setidaknya di tahun ini saja Tabungan BRI BritAma meraih berbagai penghargaan antara lain
1.Top Brand Award 2010 dari Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing
2.Net Promoter Star (Customer Loyalti Award) dari Swa Award
3.Word of Mouth Marketing 2010 (First Winner in Saving Account Category) dari Swa Award
4.IBLA 2010 (Indonesia Bank Loyalti Award) 2010 untuk saving account

“ Diraihnya penghargaan bergengsi ini tentunya bukan hanya semata-mata kerja keras, namun juga berkat penghargaan dan kepercayaan para nasabah Tabungan BRI BritAma. Hal tersebut sejalan dengan visi BRI sebagai bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan nasabah melalui berbagai usaha dan aktivitas yang inovatif” imbuh Ali.

Sebagai bentuk penghargaan kepada para nasabah Tabungan BritAma atas kepercayaan dan loyalitasnya serta untuk menarik minat penabung baru, Bank BRI mengadakan Program Undian Untung Beliung BritAma yang pada tahun ini telah memasuki tahun ke-4.

Program Undian ’UNTUNG BELIUNG BRITAMA’ (UUB) IV Tahun 2010 kali ini bertemakan ‘YANG TAK TERTANDINGI NILAI DAN KEMEWAHAN HADIAHNYA’. Setiap nasabah Tabungan BRI BritAma dan BritAma Junio individual akan memiliki kesempatan mengikuti Program Undian Untung Beliung BritAma untuk mendapatkan beragam hadiah yang tak tertandingi nilai dan kemewahannya, yaitu Grand Prize 4 Range Rover Sport, Reguler Prize 96 All New Honda Jazz Matic, dan Regional Prize 960 paket uang tunai total milyaran Rupiah.Program UUB IV 2010 ditargetkan meraih dana secara nasional Rp.sebesar

Program undian ‘UNTUNG BELIUNG BRITAMA IV Tahun 2010 berlangsung selama 16 Minggu, yaitu sejak tanggal 17 Mei hingga 05 September 2010 dan terbuka bagi seluruh nasabah individual Tabungan BRI BritAma di seluruh Indonesia, baik nasabah lama maupun nasabah baru.

’HADIAH TAK TERTANDINGI, BISA MENANG BERKALI-KALI’ artinya nasabah diberi kesempatan memenangkan 3 jenis hadiah yang berbeda selama periode undian, dengan ketentuan selama periode pengundian setiap nasabah hanya berhak mendapatkan kesempatan memenangkan 1 (satu) kali untuk setiap jenis hadiah, misalnya nasabah sudah mendapatkan hadiah mobil All New Honda Jazz Matic, ybs tidak berhak mendapatkan hadiah mobil All New Honda Jazz lagi tetapi masih bisa memenangkan hadiah uang tunai dan hadiah Grand Prize Range Rover Sport. Pada penarikan Grand Prize yang pertama tanggal 28 Juni 2010, Nasabah yang beruntung mendapatkan Hadiah utama Range Rover Sport adalah Nasabah BRI Cabang Jakarta Cikarang.

Penarikan Grand Prize kedua Program Undian Untung Beliung BritAma IV Tahun 2010 kali ini bertempat di Atrium Pondok Indah Mall 2. Penarikan Grand prize ini dilakukan untuk memperoleh pemenang 1 unit mobil termewah Range Rover Sport selain juga 6 pemenang hadiah Reguler Nasional Prize yang masing-masing mendapatkan 1 (satu) unit mobil All New Honda Jazz Matic dan 60 pemenang hadiah Regional Prize berupa uang tunai @ Rp. 10 juta. (JOIS BRI)

Ciptakan Peluang Usaha Bagi Jutaan Debitur Baru, KUR BRI Capai Rp 16,7 Triliun

BILD Jakarta – Pada Hari Snin,26 July 2010 Peran KUR dalam meningkatkan peluang berusaha telah terbukti. Sebagai ilustrasi, misalnya dengan nilai PDB Indonesia sekitar Rp 4.200 triliun, dengan asumsi bahwa setiap 1% pertumbuhan PDB mampu menyerap 400 ribu s/d 700 ribu tenaga kerja baru (1% sekitar Rp42 triliun), maka untuk menyerap satu orang tenaga kerja baru memerlukan pertumbuhan PDB sebesar (Rp42 triliun : 400 ribu s/d 700 ribu) sekitar Rp60 juta s/d Rp.100 juta.

KUR Mikro yang saat ini nilainya rata-rata Rp 4,1 juta per debitor, ternyata telah dapat membuka peluang berusaha karena dengan adanya KUR ini, mendorong penerima untuk melakukan usaha yang akan menarik partisipasi anggota keluarga penerima KUR (pro-job), dan sekaligus menciptakan pertumbuhan ekonomi (pro-growth), serta memberikan modal bagi pengusaha sangat mikro atau working poor (pro-poor). Dengan demikian pemberian KUR mikro, telah mampu menciptakan peluang berusaha bagi jutaan debitur baru.

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI terus meningkat, hingga akhir semester I-2010. Outstanding KUR BRI hingga akhir Juni 2010 diperkirakan mencapai. Rp 16,7 triliun. “Dari jumlah tersebut sudah termasuk penyaluran KUR baru sebesar Rp.3,11 triliun selama semester 1/2010” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Jakarta.


Dengan penambahan itu, lanjut dia, BRI optimis KUR BRI bisa mencapai target KUR menembus angka sekitar Rp.19,8 triliun sampai akhir 2010. ”Target kita tahun ini saja bisa bertambah sekitar Rp 6,2 triliun,” tambah Ali. Dia menegaskan, mempertahankan posisi KUR cukup menantang sebab pengembalian pinjaman KUR di bawah Rp 5 juta sangat bagus


Itu sebabnya BRI selalu tertantang untuk mencari debitur potensial baru. Dikatakannya, dengan adanya Teras BRI yang masuk ke pasar-pasar basah, sangat membantu penetrasi KUR BRI ke pasar mikro. “Meski usia Teras BRI relatif baru, tapi kontribusinya sudah signifikan, KUR Mikro yang tersalurkan lewat Teras BRI sekitar Rp 24,987 miliar,” tambah Ali.


Sebagian besar KUR Mikro BRI disalurkan ke pelaku usaha mikro atau pengusaha pemula yang tidak bankable namun feasible “Diharapkan debitur KUR yang telah dibiayai oleh BRI dapat menjadi nasabah komersial, sehingga tujuan KUR untuk meningkatkan usaha dan menciptakan pengusaha mikro yang baru tercapai”, tambah Ali.


Sampai dengan akhir Juni 2010, jumlah debitur KUR yang bermigrasi ke komersial mencapai 405.783 orang dengan rincian KUR Ritel (pinjaman diatas Rp.5 juta) sebanyak 3.527 orang dan KUR Mikro (pinjaman dibawah Rp.5 juta) sebanyak 402.256 orang.

Mengingat peran KUR yang pro job, pro growth dan pro poor, Pemerintah selalu memberikan apresiasi terhadap segala upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas KUR kepada masyarakat. Terbukti dalam setiap kunjungan Presiden atau Wakil Presiden selalu dilakukan pemberian secara simbolis KUR kepada masyarakat. Rencananya tanggal 27 Juli 2010 di Mataram Nusa Tenggara Barat, Presiden RI, akan memberikan KUR secara simbolis kepada debitur KUR dari Nusa Tenggara Barat.

Cake Tape Buatan Dari AKPINDO Pecahkan Rekor MURI


BILD Jakarta-Pada Tanggal 08 Agustus 2010 15:16 Pukul Ide kreatif mahasiswa Akademi Pariwisata Indonesia (Akpindo) membuahkan hasil. Cake Tape kreasi mereka memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Cake Tape sepanjang 270 meter ini telah menghabiskan 400 kg tepung terigu dan 400 kg tape ketan dalam pembuatannya.

Sebanyak 1.400 loyang Cake Tape ini diletakkan di atas meja yang disediakan di Festival Rakyat Kalimalang, Jakarta, Ahad

Menurut Pembantu Wakil Direktur Akpindo, Muhammad Arsad, pihak-pihak yang menerima penghargaan MURI ini yaitu Akpindo, Pemkot dan ICA. Ide pembuatan cake tape ketan ini muncul dari mahasiswa dibantu Asosiasi Chef Indonesia (Indonesian Chef Association/ICA). "Cake ini dipersembahkan untuk rakyat," ujar Arsad.

Menurut Arsad, Cake Tape ini sudah disiapkan 3 hari sebelumnya. Dalam pembuatannya, 20 cake profesional di bawah naungan ICA ikut membantu.

Usai pemberian penghargaan, seluruh warga yang menghadiri Festival Rakyat Kalimalang berkerumun. Mereka berebutan mencicipi cake tape yang mendapat menghargaan tersebut. (SCTV)

25 BUS YANG DI SIAPKAN OLEH JASA RAHARJA JATIM UNTUK MUDIK GRATIS


BILD SURABAYA-Pada Hari Senin, 6 September 2010 Pukul 11:17:28 WIB PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur pada Lebaran tahun ini akan menggelar mudik gratis untuk masyarakat, khususnya bagi yang memiliki kendaraan roda dua. Pada mudik gratis kali ini, Jasa Raharja menyiapkan 25 bus.

Kepala Humas PT Jasa Raharja Cabang Jatim Purwono SH, di kantornya Surabaya, Jumat (6/8) mengatakan, mudik gratis lebaran ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun lalu, menyiapkan 20 bus, kini meningkat jumlah bus mudiknya menjadi 25 bus atau bertambah lima bus. “Seperti tahun lalu, mudik gratis ini tetap dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua. Tentunya, persyaratannya harus melampirkan foro kopi STNK kendaraan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan menjaring pemudik yang memiliki kendaraan roda dua ini diharapkan mampu mengurangi jumlah pengguna kendaraan roda dua di jalan. Dengan berkurangnya jumlah pengguna kendaraan tersebut maka semakin memperkecil atau mengurangi kejadian kecelakaan di jalan. “Selama ini, kejadian kecelakaan terbanyak cenderung didominasi kendaraan roda dua, yakni 75% setiap tahunnya,” katanya.

Purwono menuturkan, mudik bareng yang akan digelar September mendatang merupakan bagian dari upaya mengalihkan pemudik yang menggunakan roda dua ke bus agar lebih nyaman dalam melakukan perjalanan mudiknya. Pelaksanaan pemberangkatan mudik tahun ini direncanakan pada 7 September mendatang, pemberangkatannya dilakukan di Kantor PT Jasa Raharja Jatim Jl Diponegoro Surabaya

Menurut dia, bertambahnya jumlah bus yang disediakan pada Lebaran tahun ini dikarenakan program mudik bareng gratis sukses karena animo masyarakat sangat tinggi.

Selain menggelar mudik bareng lanjut dia, Jasa Raharja juga terus-menerus gencar melakukan kampanye keselamatan di jalan maupun kampus. Hal ini dilakukan karena berdasarkan catatan resmi sudah diatas 30.000 orang meninggal sia-sia akibat kecelakaan.

Dari angka itu, 70 persen berasal dari kalangan para pelajar dan mahasiswa. "Sebagian besar korban yang meninggal rata-rata masih diusia produktif mulai dari umur 14 hingga 40 tahun," ujarnya.

Adapun rute yang disediakan Jasa Raharja yang memanfaaatkan mudik bareng di antaranya jurusan Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Madiun-Ponorogo, Surabaya-Malang, Surabaya-Jogjakarta, Surabaya-Solo, dan Surabaya-Madura. (RONNY)

Sabtu, 04 September 2010

PEMPROV GELAR PASAR MURAH DALAM SUASANA IDUL FITRI 1431 H


BILD SURABAYA-Pada Hari Rabu, 1 September 2010 Pukul 08:44:34 WIB Pemerintah Propinsi (PEMPROP) JATIM kembali menggelar bazar dan pasar murah untuk memperingati IDUL FITRI 1431 H. di Gedung Rumah Gadang, Surabaya

Kegiatan diselenggarakan gabungan lima SKPD yaitu Badan Ketahanan Panggan Propinsi JATIM,Dinas perindustrian & Perdagangan Propinsi JATIM,Dinas Pertanian Propinsi JATIM,Dinas Perikanan & Kelautan Propinsi JATIM,Dinas Pertenakan Propinsi JATIM,Dinas Perkebunan Propinsi JATIM dan Dinas Kehutanan Propinsi JATIM. Sebelumnya, pemprov telah menggelar bazar dan pasar murah di Wonokromo dan Kenjeran.

Sekdaprov Jatim, Dr H Rasiyo dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai peran serta pemerintah dalam meringankan beban masyarakat menghadapi Lebaran 1431 H. Semua kebutuhan pokok di bazar ini dijual lebih murah 10% dari harga di pasar.

Kegiatan serupa juga telah diselenggarakan dibeberapa lokasi termasuk di kabupaten/kota. Selama puasa Ramadan, pemprov menggalakkan kegiatan bazar dan pasar murah untuk membantu meringkankan beban masyarakat miskin.

Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dalam menjaga kestabilan harga komoditas sembako yang sekarang semakin melonjak. ”Kita harapkan agar pembeli masyarakat menengah ke bawah dapat melaksanakan ibadah puasa dengan tekun dan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat,” katanya.

Pasar murah ini menyediakan beberapa macam produk, antara lain beras, gula, telor, minuman kaleng, mentega, gandum, pakaian dan lain lain. Kegiatan ini digelar untuk membantu warga, terkait ketersediaan kebutuhan dasar saat bulan Ramadhan serta menjelang Idul Fitri.

Rasiyo mengharapkan masyarakat memanfaatkan pasar murah ini yang digelar pemerintah bersama sejumlah distributor, karena memiliki manfaat besar untuk membantu pemenuhan kebutuhan warga yang murah dan terjangkau.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Jatim, Dra Tutut Herawati mengatakan, kegiatan bazar dan pasar murah diikuti 120 stand. Mereka berasal dari UMKM dan perusahaan pemasok kebutuhan pokok, serta mitra pemerintah. Dalam kegiatan ini, pemprop menjual lebih dari seratus kupon seharga Rp 55.000 yang mendapatkan 2 kg seharga Rp 15.000, beras 5 kg seharga Rp 25.000, minyak goreng 2 liter seharga Rp 15.000.

Setelah dibuka, hanya dalam hitungan menit paket kupon yang dijual langsung habis. Panitia langsung menambah paket sembako yang sudah disediakan sebagai antisipasi.

Pasar murah ini dilaksanakan selama dua hari. Jika stok sembako terjual habis dalam sehari. Panitia akan menambah dengan jumlah sama sesuai dengan komitmen mitra atau pengusaha yang menjadi peserta.

Sebagaimana telah diberitakan, kegiatan pasar murah ini menjadi program rutin pemprov setiap Ramadan. Tahun ini di tujuh daerah, yakni Bojonegoro, Madiun, Trenggalek, Jombang, Lamongan, dan Situbondo.

Pada tahun depan, pihaknya akan mengadakan pasar murah di daerah lain di Jatim yang belum mendapat kesempatan. Menurut Soekarwo, penyelenggaraan pasar murah tersebut dimaksudkan pula untuk mengurangi beban keluarga miskin ketika bulan puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

BANK MANDIRI MENANAM 500 RIBU POHON






BILD JAKARTA- Pada Hari Rabu
11 Maret 2009 BANK Mandiri akan menghijaukan Indonesia, hal ini disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri, Agus Martowardojo pada saat penanaman 10.000 pohon bakau di kawasan hutan eko mangrove, Jalan Tol Sediatmo, Jakarta yang merupakan bagian dari program penanaman 500.000 pohon.

Kegiatan di Kawasan hutan eko mangrove ini bekerjasama dengan Pemerintah Daerah DKI (Pemda DKI) Jakarta untuk penyediaan lahan bagi penanaman 10.000 mangrove. Sementara untuk pengelolaan dan pemeliharaan selama 2 (dua) tahun, Bank Mandiri bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB).

”Penanaman pohon merupakan salah satu upaya yang akan langsung terasa dalam menjawab kerusakan ekosistem yang saat ini dialami, tidak hanya di dunia tapi juga dirasakan di negara kita. Pohon-pohon yang kita tanam ini diharapkan akan menjadi filter karbondioksida yang pada saatnya akan dapat mengatasi atau setidaknya mengurangi isu pemanasan global dan perubahan iklim tersebut.” kata Agus Martowardojo di Jakarta,

Penanaman pohon ini sejalan dengan Program Nasional Gerakan Indonesia Menanam yang telah dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 November 2008 lalu. Bagi Bank Mandiri ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab serta wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Selain tanaman mangrove, Bank Mandiri juga akan menanam pohon berjenis buah-buahan atau pohon kayu seperti pohon angsana, rambutan, mangga dan lain-lain. Sebanyak 490.000 pohon tersebut akan didistribusikan ke perumahan karyawan dan sekolah binaan Bank Mandiri, PTN/PTS yang bekerjasama serta lokasi di sekitar kantor Bank Mandiri seluruh Indonesia.

Bank Mandiri juga melakukan kerjasama dengan LIPI untuk penanaman pohon langka di Ecopark – Cibinong (Tahap 2) serta Yayasan Kehati untuk pohon bakau di propinsi NAD (Tahap 2)

MANDIRI FOKUS GARAP PASAR ASIA DI 2009


BILD JAKARTA-Pada Hari Kamis 5 Maret 2009 PT Bank Mandiri Tbk akan memfokuskan pengembangan bisnis ke negara – negara Asia di 2009. Perseroan pun menunda pembukaan kantor cabang di Dubai. Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo mengatakan Pembukaan kantor cabang di Dubai akan ditunda sampai 2010. Alasannya, perseroan lebih selektif memilih negara untuk pengembangan pasar.

“Faktor utamanya untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi global dimana kondisi dunia makin buruk,” kata Agus di kantor kementerian negara BUMN Jakarta,

Menurut Agus, tahun ini Mandiri akan membuka cabang di Kuala Lumpur pada semester pertama dan Shanghai di semester kedua. Alasannya, potensi pasarnya masih besar. Selain masalah kondisi pasar, Mandiri juga tengah berusaha menekan cost efficiency ratio berada di bawah 45.

KERJA SAMA BANK MANDIRI DAN SRIWIJAYA AIR



BILD JAKARTA- Pada Hari Rabu 18 Maret 2009 EXECUTIVE Vice Presiden Consumer Finance Bank Mandiri, Mansyur S Nasution (kiri), menerima replika pesawat dari Direktur Komersial PT Sriwijaya Air, Toto Nursatyo ( kanan), seusai menandatangani kerja sama di Jakarta, Kerja sama antara Bank Mandiri dengan PT Sriwijaya Air tersebut untuk pelayanan bagi pemilik kartu kredit Bank Mandiri, jika memberi satu tiket Sriwijaya Air, akan memperoleh satu tiket gratis. (Antara)

Seniman Indonesia Tujukan Bahwa Reog Ponorogo Milik Indonesia & Masuk Muri


BILD Ponorogo-Pada Hari Sabtu 5 Desember 2009 pukul 12:32 WIBRibuan murid taman kanak-kanak se-Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menggelar tari reog di alun-alun kota, Saking banyaknya peserta, Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat kegiatan ini ke dalam aktivitas yang memecahkan rekor acara ke-4.015 di Indonesia.

Acara dalam rangka menyambut acara Grebek Suro 2009 ini diawali dengan pelepasan ribuan balon ke udara oleh Bupati Ponorogo Muhadi Suyono. Pergelaran reog secara marak tersebut juga bertujuan untuk melestarikan kesenian reog. "Kami ingin mengenalkan budaya ini sejak dini kepada anak-anak," kata seorang panitia bernama Sudikno.

Menurut catatan panitia, selain dari Ponorogo, sejumlah kabupaten seperti Magetan, Madiun, dan Pacitan juga ikut serta memeriahkan perhelatan kali ini. Sehingga bila peserta tari dihitung total, jumlahnya mencapai 19.350 orang penari anak.(SCTV)

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IKLAN BILD GROUP

NO

Spesifikasi / Ukuran

Harga (Rp)

01

1 Halaman Warna

Rp. 3.000.000,-

02

1/2 Halaman Warna

Rp. 1.500.000,-

03

1/4 Halaman Warna

Rp. 800.000,-

04

Icon (Uk. Kartu Nama) Warna

Rp. 500.000,-

05

1 Halaman Hitam Putih

Rp. 1.500.000,-

06

1/2 Halaman Hitam Putih

Rp. 800.000,-

07

1/4 Halaman Hitam Putih

Rp. 400.000,-

08

Icon (Uk. Kartu Nama) Hitam Putih

Rp. 300.000,-