Minggu, 21 November 2010

PEMIMPIN HARUS CERDIK,KREATIF DAN INOVATIF


BILD SURABAYA-Pada Hari Kamis, 14 Oktober 2010 Pukul 08:38:45WIB Lima sampai enam tahun kedepan, para peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XXII Provinsi Jatim tahun 2010 ini akan menjadi pembuat keputusan yang sangat menentukan masa depan bangsa Indonesia. Oleh karena itu dalam pembelajaran, sangat dibutuhkan pelatihan pembuatan kebijakan yang penuh dengan inovasi dan kreativitas.Pimpinan harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,karena karier pimpinan dibangun dalam sebuah sistem yang baik semata untuk masyarakat.

Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo saat memberikan Ceramah Tematik Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XXI Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Gedung Graha Wicaksana Praja Badan Diklat Propinsi Jawa Timur Surabaya, Rabu (13/10) mengatakan, peserta Diklat Pipinan II sebanyak 193 orang ini tidak akan berhasil menjadi pimpinan jika jalan pikiranya bukan memberikan pelayanan yang baik.

Dikatakannya, karier pimpinan yang baik dan hebat itu adalah merupakan bagian dari bawahan yang baik bagi atasanya. Artinya jika bawahan sangat professional dan bisa memberikan pilihan lebih dari satu konsef telaah terhadap pimpinannya. Maksudnya pimpinan harus ada pilihannya jika akan menentukan/mengambil suatu keputusan.

Pimpinan yang hebat itu dibangun dari kepemimpinan yang baik dan dari keberhasilan orang lain. Keberhasilan orang lain perlu dicatat sebagai persiapan bekal pengetahuan kepemimpinan sekarang dan yang akan datang. Kemudian kepemimpinan yang hebat ke depan itu dimualai dari yang kecil tetapi tertip dan disiplin. Karena keberhasilan tanpa perencanaan itu kebetulan saja dan kebetulan tersebut tidak bisa di ulang-ulang. Oleh sebab itu jika ingin menjadi pemimpin masa depan mulai sekarang harus dipersiapkan.

Kemudian Gubernur memberikan ceramah tentang pengembangan potensi daerah dalam menghadapi permasalahan krisis ekonomi global. Isu perekonomian dunia karena pertumbuhan ekonomi negara-negara maju di Asia Pasifik seperti Cina dan India. Ke dua Negara tersebut pertumbuhan ekonominya di atas Indonesia.

Mengapa Cina dan India kuat dan besar karena perdagangan, pariwisata dan investasi dunianya meningkat. Membaiknya perekonomian dunia membuat permintaan pasar dan aktifitas perdagangan dunia juga meningkat. Pada 2009 volume perdagangan dunia -11 persen tetapi pada September 2010 tumbuh antara 5,5-5,9 persen. Pertumbuhan masih tersendat dikarenakan utang pemerintah Yunani, Portugis dan Spanyol melebihi 100 persen..

Kemudian pertumbuhan perekonomian Indonesia sendiri pada 2009 sebesar 4,5 persen kemudian akan naik menjadi 5,9-6,2 persen pada 2010. Ini suatu keajaiban karena masyarakat kita tidak menyukai pembelian/kepemilikan saham. Jika di Negara Singapura sopir saja mampu membeli saham, di Indonesia tidak seperti itu, maka jika ada krisis ekonomi negara kita tetap bisa bertahan.

Sedangkan pada 2009 pertumbuhan perekonomian di Pulau Jawa seperti di DKI Jakarta 5,01 persen dan Jawa Timur juga 5,01 persen serta nasiona hanya 4,5 persen. Ceramah selanjutnya adalah pada 2010 Jawa Timur mempunyai program akan mengembangkan pelabuhan di Tanjung Perak Surabaya, perluasan Bandara Juanda di Sidoarjo, memperbaiki infrastruktur jalan tol d an membanngun Puspa Agro di Jemundo Sidoarjo.Jika Puspa Agro selesai dibangun semua bloknya maka transaksi akan meningka. Hal ini akan ditandai dengan transaksi 2.800 truk per hari yang akan ke luar masuk Puspa Agro.

Dalam ceramah lainnya Soekarwo mengatakan, bahwa Jawa Timur merubapakan salah satu lumbung pangan di Indonesia. Ini terbukti produksi gabah Jawa Timur mencapai 17,74 persen dari produksi nasional. Kemduian Jawa Timur bisa memproduksi beras 7,8 juta ton per tahun sedangkan untuk konsumsi 3,6 juta ton jadi masih surplus 4,2 juta ton per tahun jumlah tersebut merupakan 40 persen dari cadangan pangan nasional.

Produksi jagung 30 persen dari 48 persen produksi jagung nasional dengan hasil panen 5,3 juta ton kering biji per tahun sedangkan untuk konsumsi 2,5 juta ton per tahun jadi masih surplus 2,8 juta ton per tahun. Surplus jagung tersebut digunakan untuk bahan baku membuat makanan ternak dan bahan baku minyak jagung.

Produksi gula pasir mencapai 31 persen dari produksi nasional dengan surplus 485 ribu ton per tahun. Kemudian telur ayam produksinya 142 ribu ton dan susu sapi produksinya hanya 950 ton/hari sedangkan kebutuhannya 1.650 ton per hari. Untuk mengatasi kekurangan susu tersebut Jawa Timur akan mengimpor sapi perah dari Australia Barat.

Itulah diantara materi ceramah Gubernur Soekarwo di hadapan 193 orang peserta Dklat Kepemimpinan Tingkat II Badan Diklat Propinsi Jawa Timur.(Ronny & Tia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IKLAN BILD GROUP

NO

Spesifikasi / Ukuran

Harga (Rp)

01

1 Halaman Warna

Rp. 3.000.000,-

02

1/2 Halaman Warna

Rp. 1.500.000,-

03

1/4 Halaman Warna

Rp. 800.000,-

04

Icon (Uk. Kartu Nama) Warna

Rp. 500.000,-

05

1 Halaman Hitam Putih

Rp. 1.500.000,-

06

1/2 Halaman Hitam Putih

Rp. 800.000,-

07

1/4 Halaman Hitam Putih

Rp. 400.000,-

08

Icon (Uk. Kartu Nama) Hitam Putih

Rp. 300.000,-