Selasa, 12 Oktober 2010

JATIM FAIR 2010 SEBAGAI IKON PAMERAN TERBESAR DI INDONESIA TIMUR


BILD SURABAYA-Pada Hari Sabtu, 9 Oktober 2010 Pukul 08:19:02 WIB Pemerintah Jawa Timur menggelar pameran Jatim Fair 2010 dalam rangka memeriahkan hari jadinya ke-65. Pameran itu berlangsung selama selama 10 hari (8-17 Oktober) bertempat di Grand City Surabaya, merupakan ajang pameran pertama dan terbesar di Indonesia Timur.

Pegelaran pameran akan dikunjungi dari berbagai daerah di Jatim maupun di luar Jatim ”Saya yakin pasti banyak penggunjungnya”

Konsep yang digunakan dalam menggelar pameran Jatim Fair 2010 di Grand City, Surabaya agar berjalan sukses pihak panitia mengadopsi strategi dan sistem penyelenggaraan pameran di Jakarta Fair.

”Memang tidak dapat meng-coppy Jakarta Fair 100%, tetapi setidaknya bisa mengadopsi sekitar 70% suja sudah bagus. Ke depan, pameran tersebut diharapkan bisa menjadi kebutuhan masyarakat dan tidak lagi sebagai hiburan,”.kata Dadang M Kushendarman Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama selaku Event Organized (EO), di Surabaya Sabtu (9/10) sore.

Ia menambahkan, tetap ada perbedaan antara Jakarta Fair dan Jatim Fair, pada Jatim Fair mengedepankan produk unggulan daerah setempat. Itu sebabnya, lanjut Dadang, ada beberapa klaster seperti produk makanan berbasis agrobisnis yang selama ini menjadi unggulan Jatim serta produk investasi lainnya. Selain itu juga ada berbagai perusahaan swasta dan perwakilan provinsi lain. Ada 200 stan di hall atas akan untuk pemda dan BUMN sedangkan 300 stan di Hall bawah untuk kalangan swasta..

Menurutnya, Jatim Fair 2010 menggandeng seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Selain itu juga ada berbagai perusahaan swasta dan perwakilan provinsi lain. Pihaknya juga menjajaki kerja sama dengan Badan Ekspor Nasional untuk kemungkinan bisa membawa buyer luar negeri di Trade Expo ke Jatim Fair karena waktunya hampir berbarengan.

Ia menambahkan, diperkirakan transaksi di ajang Jatim Fair 2010 bakal menembus angka Rp45 miliar. Hal ini karena konsep yang diterapkan Jatim Fair 2010 akan mengadopsi strategi dan sistem penyelenggaraan pameran di Jakarta Fair yang digelar setiap tahun.
”Lokasi yang digunakan sekarang adalah Convention Hall (Convex) Grand City
Surabaya yang kapasitasnya jauh lebih luas dibanding Jatim Fair tahun lalu yakni di Kenjeran. Tahun lalu transaksi yang dihasilkan Rp 33 milyar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pameran dagang untuk menyemarakkan HUT Provinsi Jatim ke 65 ini akan jauh lebih besar dibanding dengan Jawa Timur Festifal yang digelar di Kenjeran Park tahun 2009. Jumlah stan yang ditawarkan mencapai 500-an unit.

Dengan melihat animo dan jumlah pesertanya yang relatif lebih banyak, diperkirakan transaksi Jatim Fair 2010 itu bisa tembus Rp40 miliar hingga Rp45 miliar. Dia yakin target tersebut bisa terlampaui karena sasaran marketnya tidak lagi hanya untuk masyarakat menengah bawah tetapi juga mengadopsi kebutuhan kelas premium.
Pelaku usaha koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) di Jatim akan dilibatkan dalam Jatim Fair 2010, kegiatan pameran diharapkan bisa mengatrol kinerja koperasi dan UKM, terutama di bidang industri kreatif. "Diharapkan akan ada pasar baru yang terbuka karena dalam pameran koperasi dan UKM bisa langsung bertemu buyer," tutur Dadang.

Dia berharap nantinya kegiatan pameran itu bisa menjadi kebutuhan masyarakat dan bukan lagi sekadar hiburan. Sementara target pengunjungnya selain membidik konsumen lokal juga masyarakat Indonesia Timur.

Pada masa mendatang, Pameran Jatim Fair 2010 akan menjadi agenda tetap tiap tahun dan sebagai even andalan Pemprov Jatim untuk mengangkat potensi Jatim seperti DKI Jakarta dengan Jakarta Fair-nya. (Ronny & Tia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IKLAN BILD GROUP

NO

Spesifikasi / Ukuran

Harga (Rp)

01

1 Halaman Warna

Rp. 3.000.000,-

02

1/2 Halaman Warna

Rp. 1.500.000,-

03

1/4 Halaman Warna

Rp. 800.000,-

04

Icon (Uk. Kartu Nama) Warna

Rp. 500.000,-

05

1 Halaman Hitam Putih

Rp. 1.500.000,-

06

1/2 Halaman Hitam Putih

Rp. 800.000,-

07

1/4 Halaman Hitam Putih

Rp. 400.000,-

08

Icon (Uk. Kartu Nama) Hitam Putih

Rp. 300.000,-