Jumat, 18 Juni 2010

GEBENUR JATIM YAKIN JATIM JUARA UMUM DI FLS2N

BILD SURABAYA – Pada hari Selasa tanggal 15 Juni 2010 pukul 10.00 WIB Kementrian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jatim mengadakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Pelaksanaan festival mulai tanggal 14 – 19 Juni 2010 di Gedung Jatim Internasional Expo Jl. Raya A. Yani Surabaya.

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2010 di Jatim Expo Surabaya, Selasa(15/6). Festival dan lomba ini diikuti siswa siswi tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB seluruh Indonesia, yang berlangsung mulai 14-19 Juni 2010.Jumlah peserta dan tenaga pendukung yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2010 di Surabaya sebanyak 3.353 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.139 siswa adalah siswa SMP, SMA, dan SMK berprestasi dari sekolah negeri maupun swasta. Sedangkan 1.056 lainnya merupakan peserta lomba dari SLB, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Dr H Soekarwo mengatakan FLS2N untuk mendorong tumbuhnya industri kreatif berbasis seni dan untuk mengakomodasi salah satu tujuan negara yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjabarkan sejumlah materi pendidikan guna mencapai tujuan Pasal 37 ayat 1. UU ini menyatakan, “kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah wajib memuat : Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni dan Budaya, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Keterampilan / Kejuruan dan Muatan Lokal.”

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat 1 menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas : kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, kelompok mata pelajaran estetika, kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

"Saya sangat senang dengan diadakan festival seperti ini dan terima kasih atas kepercayaan menjadikan kami tuan rumah. Semoga kita bisa meraih juara umum,"ujar Pakde Karwo sapaan akrba gubernur

Ia menjelaskan, melalui festival ini, siswa bisa menanamkan nilai seni dan sastra, khusunya terhadap tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi siswa kepada dunia industri pariwisata.

FLS2N menyediakan wahana kompetensi putra-putri terbaik Indonesia dalam mengembangkan minat dan talenta yang dimiliki khususnya di bidang seni. Kegiatan ini juga mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
Sementara itu, Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah, Suyanto, mengatakan, kegiatan ini memang untuk membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra.

“FLS2N ini merupakan wadah unjuk kreasi siswa di bidang seni dan sastra yang diikuti siswa-siswi jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di seluruh Indonesia. Mereka, para jawara di daerahnya, bertemu untuk menunjukkan kemampuan, kreasi, inovasi, dan sportivitas”.ujarnya.

Jenis festival dan lomba dalam FLS2N tahun 210 dibagi 5 bagian sesuai jenjang pendidikan yaitu Tingkat SLB menampilkan lomba seni lukis, lomba menyanyi tunggal/solo,lomba cipta dan baca puisi, lomba mengarang dan cerita (Braile), lomba desain grafis,lomba seni Pantomim tingkat TK dan SD menampilkan lomba seni lukis (TK), finger painting (TK), lomba menyanyi (TK), lomba menyanyi solo / tunggal (SD), lomba mengarang Bahasa Indonesia (SD), lomba kerajinan tangan (SD), lomba Pidato Bahasa Indonesia (SD), Tingkat SMP menampilkan lomba seni kriya, lomba vocal group, lomba seni baca Al Qur’an Pa/Pi, lomba menulis cerpen, lomba dongeng (story telling), lomba menyanyi solo/tunggal, festival seni tari, festival seni musik tradisionil; tingkat SMA menampilkan lomba seni poster, lomba seni kriya, lomba cipta dan baca puisi Pa/Pi, lomba menyanyi solo/tunggal Pa/Pi, lomba seni Baca Al Qur’an Pa/Pi, festival seni tari berpasangan, festival drama singkat / fragmen, festival band. Tingkat SMK menampilkan festival tari, festival seni musik non klasik, festival karawitan / musik daerah, festival teater, festival pedalangan, festival desain komunikasi visual, festival film. Ujar humas dinas P&K Jatim Bapak Danu.

Kegiatan ini akan memperebutkan 73 emas, 33 perak, 33 perunggu dan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional. Sebelumnya FLS2N dimenangkan Provinsi Jawa Barat sebagai juara umum pada 2009, dengan melombahkan festival seni tari tradisional, seni membaca al qur an, vocal grup, nyayi solo, menulis cerpen, mendongen dalam berhasa inggir, seni kriya.

JATIM Siap Juara Umum
Kepala Dinas Pendidik (Dispendik) Jatim, Dr Harun Msi mengatakan, dalam FLS2N 2010 Jatim menargetkan menjadi juara satu atau umum. Menurut dia, juara satu sering disabet Jatim pada perlombaan FLS2N beberapa tahun terakhir ini. 'Kita optimis kejuaraan FLS2N akan dimenangkan Jatim, hal ini dikarenakan siswa Jatim sudah mempersiapkan secara matang,' ujarnya.

Mantan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Jatim ini meminta kepada peserta yang mewakili Jatim untuk bersungguh-sunggah dalam merebut juara satu pada kejuaraan FLS2N. 'Meski kita langganan juara satu bukan berarti peserta dari Jatim mereka tidak bersungguh-sungguh. Justru sebaliknya peserta Jatim harus bersungguh-sungguh dalam memenangkannya,' tambahnya.

Kepala Bidang TK SD dan PK Jatim, Bambang Sudarto MSi mengatakan, dirinya siap mengawal kejuaraan FLS2N tahun 2010 yang berlangsung di Surabaya. 'Kita akan mempersiapkan peserta terbaik dalam bertanding di FLS2N, sehingga nantinya Jatim tetap menjadi juara satu dan juara umum,' tuturnya.

Lebih lanjut Bambang menyatakan, untuk menyabet juara satu pada kejuaraan FLS2N peserta dari Jatim akan melakukan persiapan dan latihan yang matang, salah satunya dengan meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Selain itu, dirinya akan memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta Jatim. 'Saya yakin dengan memberikan semangat akan menjadi modal awal bagi peserta dalam memenangkan kejuaraan FLS2N,' katanya optimis.

Ke depan Bambang berharap, dengan persiapan yang telah dilakukan dapat mengantarkan perserta Jatim untuk merebut juara satu dan juara umum. 'Saya terus berharap dan berusaha semoga juara satu tetap berada di Jatim. Sehingga nama Jatim akan tetap harum di mata provinsi lain di Indonesia,' tambahnya.(Ronny & Tia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IKLAN BILD GROUP

NO

Spesifikasi / Ukuran

Harga (Rp)

01

1 Halaman Warna

Rp. 3.000.000,-

02

1/2 Halaman Warna

Rp. 1.500.000,-

03

1/4 Halaman Warna

Rp. 800.000,-

04

Icon (Uk. Kartu Nama) Warna

Rp. 500.000,-

05

1 Halaman Hitam Putih

Rp. 1.500.000,-

06

1/2 Halaman Hitam Putih

Rp. 800.000,-

07

1/4 Halaman Hitam Putih

Rp. 400.000,-

08

Icon (Uk. Kartu Nama) Hitam Putih

Rp. 300.000,-