Minggu, 05 Desember 2010

UMKM PELAKU EKONOMI GARIS DEPAN DI JAWA TIMUR


BILD SURABAYA-Pada Hari Senin, 29 Nopember 2010 Pukul 9:19:11WIB Biro Administrasi Perekonomian Seketaris Daerah (SEKDA) Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Evaluasi Promosi Dagang Produk Unggulan Dalam dan Luar Negeri Jawa Timur 2010 di H Garden Palace Surabaya

Para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang jumlahnya 4,2 juta merupakan pelaku ekonomi garis depan dalam memberikan sumbangan terhadap perekonomian daerah khususnya kabupaten/kota di Jawa Timur.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian SEKDA Pemerintah Provinsi Jawa Timur Ir Budi Setiawan MMT mengatakan hal inilah yang bisa memberikan kontribusi ekonomi Jawa Timu Rp 362 trliun atau 53,4 persen dari Rp 684 triliun. ”Ini sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Dikatakannya, ini merupakan harapan pemerintah tetapi bagaimana caranya Pemprov Jawa Timur bisa memberikan sumbangsih terhadap para pengusaha UMKM tersebut. Selian itu bagaimana caranya para UMKM bisa sinergi dengqan dunia usaha, perguruan tinggi, kamar dagang dan industri (Kadin) dan Pemprov Jatim serta bisa saling kerjasama saling menguntungkan.

Dampak kerjasama tersebut memberikan kontribusi terhadap perekonomian Jawa Timur trimulan III pada 2010 bisa tumbuh 7,14 persen, sedangkan nasional hanya 5,8 persen. Target pemerintah pusat agar Jawa Timur pada 2010 pertumbuhan ekonominya 5,8 – 6,4 persen, pada 2011 bisa meningkat menjadi 6,13 – 6,75 persen dan sampai akhir 2014 bisa tumbuh 7,1 – 7,8 persen. Pertumbuhan ekonomi Jatim yang cukup baik tahun ini merupakan hasil kerja keras para petarung-petarung yang kuat dan hebat para pelaku pengusaha UMKM kita yang tersebar di daerah kabupaten/kota.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang hasil UMKM-nya terbesar di Indonesia. Hasil/produk ekspor UMKM tersebut berasal dari industri tekstil, logam, hasil kerajinan, perkebunan, agrobis, perikanan dan industri lainnya.

Oleh sebab itu produk-produk tersebut harus punya daya saing dan bisa bersaing dalam perdagangan global. Untuk mengatasi daya saing global Pemerintah Jawa Timur telah menggandeng perguruanan tinggi dan Kadin.

Dikatakannya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara di Jakarta beberapa waktu yang lalu mengatakan, mulai 2009 Indonesia memulai tahun kreatif, pada tahun kreatif tersebut kita ditantang untuk menjual suatu gagasan. Karena dengan gagasan yang bagus akan memunculkan sebuah produk yang mempunyai nilai daya saing dan daya jual yang tinggi, Jawa Timur punya itu. Dicontohkan di Amerika Serikat setiap tahunnya memperoleh pemasukan sekitar Rp 600 triliun dari ekonomi dan industri kreatifnya.

Di Indonesia sebenarnya ada dua provinsi, yakni Jawa Barat dan Bali yang industri kreatifnya sudah berjalan terkoordinir baik, sedangkan Jawa Timur sebenarnya sudah mempunyai potensi untuk bergerak kearah itu, tetapi belum terwadahi dengan kelembagaan sinergitas yang kuat. Untuk itu diharapkan pada 2010 Jawa Timur bisa mewujudkan gerakan ekonomi yang kreatif baik dalam kelembagaan maupun sinergitasnya dan pada 2011 sudah bergerak kinerjanya.

Selain itu Provinsi Jawa Timur terus mengupayakan menciptakan menumbuhkan iklim usaha yang kondusif. Memberikan kebijakan peluang UMKM dengan mengurangi beban biaya yang tidak berhubungan dengan proses produksi serta kebijakan menumbuhkan kemitraan dengan saling membutuhkan dan saling menguntungkan.

Artinya kegiatan usaha UMKM dari hilir sampai hulu harus nyambung hingga pada pemasarannya. Jadi membuat mulai bahan baku dari hilir dan hulu merupakan pemasarannya harus baik dan nyambung. Hal ini harus didukung dengan fasilitasi dan promosi dagang, misi dagang produk-produk unggulan baik di dalam dan luar negeri harus baik.

Ini terbukti pada 2010 Pemerintah Jawa Timur telah memfasilitasi para UMKM untuk pameran dalam negeri 20 kali, 3 pameran di luar negeri dengan omset mencapai Rp 6,108 miliar. Selanjutnya mengucurkan kredit Jamkrida dana bergulir dan membeikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM kepada UMKM.

Menurut data dari Bank Indonesia (BI) Pemerintah Jawa Timur juga mempunyai dana pihak ketiga di Bank sekitar Rp 222,5 triliun dimana yang Rp 85,88 triliun akan diusulkan untuk dikucurkan di UMKM. Untuk itu kabupaten/kota agar membentuk jejaring dengan Pemprov Jawa Timur agar program-program bisa berjalan dengan baik.

Acara yang dihadiri 90 orang dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta para UMKM di Jawa Timur ini diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan potensi ekonomi. Serta dapat memberikan dampak nilai tambah perekonomian pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.(Ronny & Tia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IKLAN BILD GROUP

NO

Spesifikasi / Ukuran

Harga (Rp)

01

1 Halaman Warna

Rp. 3.000.000,-

02

1/2 Halaman Warna

Rp. 1.500.000,-

03

1/4 Halaman Warna

Rp. 800.000,-

04

Icon (Uk. Kartu Nama) Warna

Rp. 500.000,-

05

1 Halaman Hitam Putih

Rp. 1.500.000,-

06

1/2 Halaman Hitam Putih

Rp. 800.000,-

07

1/4 Halaman Hitam Putih

Rp. 400.000,-

08

Icon (Uk. Kartu Nama) Hitam Putih

Rp. 300.000,-